Berita
Mahasiswa Manajemen dan Rekayasa Konstruksi Juarai Lomba Estimasi Biaya Proyek Tingkat Nasional

Yosia Haryanto (MRK 2015), Jevica (MRK 2015), dan Erinna Aileen Chrestella (MRK 2015) berhasil mengalahkan peserta lain dan terpilih menjadi juara 1 dalam Estimating & Scheduling Competition tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Prodi D3 Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret Surakarta yang diadakan pada tanggal 3 – 4 November 2017 untuk final kompetisinya.

Selain tim CEMERSLANG dari Podomoro University, 4 tim lain yang berhasil masuk ke babak final adalah CT-BIMA KARYA (Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya), DOMINICK SUNRISE dan SUNRISE MANTAP (Universitas Negeri Surabaya), dan SEMAR SOLID (Universitas Sebelas Maret Surakarta).


Estimating & Scheduling Competition sendiri adalah sebuah kompetisi untuk merencanakan estimasi biaya proyek konstruksi (RAB) dan merencanakan penjadwalannya, metode pekerjaan serta perencanaan K3 dan manajemen risikonya berdasarkan gambar bestek yang ada. Dengan adanya kompetisi ini mahasiswa diharapkan dapat membuat estimasi biaya (RAB) dengan benar dan tepat serta membuat perencanaan penjadwalannya, baik penjadwalan waktu, maupun penjadwalan material, tenaga kerja dan biayanya.

Dari kegiatan kompetisi ini, peserta mendapat gambar bestek untuk dijadikan acuan penyusunan rencana anggaran biaya dan penjadwalan. Penjadwalan yang diminta adalah berupa network planning yang dilengkapi alokasi sumber daya dan biayanya. Sehingga dari penjadwalan akan diperoleh durasi total, kurva S, jadwal alokasi untuk tiap-tiap material, jadwal alokasi tiap-tiap tenaga kerja dan alokasi biaya untuk tiap satuan waktunya.

Proses persiapan untuk kompetisi ini sendiri dilakukan sejak tanggal 11 Agustus 2017 atau selama 2 bulan sebelum pengumpulan materi. Selama 2 bulan tersebut, setiap 2 minggu dilakukan review dan evaluasi draft materi. Sehingga diadakan 4 kali review yang dilakukan antara tim finalis dan dosen pembimbing. Pengumuman bahwa tim Podomoro University lolos menjadi finalis diterima pada tanggal 20 Oktober 2017 dan dilakukan 2 kali simulasi serta review akhir untuk memastikan kesiapan tim dalam babak final pada tanggal 3 – 4 November 2017.
 

Erinna, Jevica, dan Yosia saat review akhir persiapan Estimating & Scheduling Competition


Dalam mempersiapkan dokumen untuk kompetisi ini, walaupun tim sudah paham, tim ini tetap memerlukan waktu untuk persiapan yang matang. Kerja keras, lembur dan lelah sudah pasti dan yang paling penting adalah kerja sama dalam tim. Penyusunan dokumen RAB termasuk perhitungan kuantitasnya memerlukan ketelitian dalam pengerjaannya. Kompetisi ini berbeda dengan kompetisi-kompetisi yang pernah diikuti sebelumnya, penghitungan kuantitas atau volume pekerjaan dilakukan sendiri, sehingga diperlukan kemampuan dalam menghitung volume tiap-tiap pekerjaan konstruksi dari gambar bestek yang diberikan oleh penyelenggara. Disini mahasiswa dibimbing penuh oleh Pak Satria sebagai dosen pembimbing. Dengan pengalaman beliau di industri konstruksi, sangat membantu tim dalam mempersiapkan dokumen yang diperlukan dalam kompetisi ini.

Semoga dengan perolehan juara 1 pada kompetisi ini, dapat menjadi pemicu dan penyemangat Prodi Manajemen & Rekayasa Konstruksi dalam pengembangan ilmu di bidang Manajemen Konstruksi praktis dan sebagai sarana untuk menunjukan eksistensi Universitas Agung Podomoro di lingkungan institusi pendidikan lainnya dan di masyarakat luas pada umumnya.

 

 Jevica, Yosia, dan Erinna, pemenang juara 1 Estimating & Scheduling Competition tingkat nasional

 

06 November 2017