Berita
Teknik Presentasi Visual: Sketsa dan Perspektif

Rabu, 18 Oktober 2017 – Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota melalui mata kuliah Teknik Presentasi dan Komunikasi mengundang Bapak Angga Rosiawan ST., MSc. sebagai dosen tamu dalam rangka berbagi ilmu dan pengalaman dalam menggambar sketsa dan perspektif. Bapak Angga Rosiawan sendiri merupakan tenaga ahli dalam konsultan yang bergerak di bidang urban design, urban landscape, architecture, dan interior design. Proyek-proyek yang pernah dikerjakan beliau terdiri dari proyek pemerintah daerah, swasta, dan pribadi/perorangan. Dengan latar belakang akademis dan profesi yang dimiliki, beliau menjadi orang yang tepat untuk memperkenalkan dan membagi ilmu menggambar sketsa dan perspektif dalam konteks perencanaan kota.

Perkuliahan diawali dengan sejarah perkembangan sketsa dan perspektif yang kemudian diikuti dengan peran sketsa dalam proses perencanaan kota. Selain penyampaian teori, mahasiswa juga langsung praktek menggambar yang dimulai dari menggambar berbagai jenis garis dan titik. Setelah mahasiswa diperkenalkan dengan proses membuat gambar sketsa perspektif, selanjutnya mahasiswa diberi kesempatan membuat sketsa perspektif sederhana.

Selama perkuliahan, mahasiswa aktif bertanya baik selama proses penyampaian materi maupun praktek penggambaran. Di akhir perkuliahan mahasiswa diberikan penjelasan mengenai tugas membuat sketsa perspektif dengan tema “pedestrian experiences in tourism attraction”. Perkuliahan ini diharapkan dapat menambah kemampuan mahasiswa untuk menghasilkan sketsa yang berguna dalam proses analisis perencanaan kota.



20 October 2017