Hukum Bisnis

Program studi Hukum Bisnis Podomoro University menerapkan pendidikan yang fokus pada pengembangan karier mahasiswa melalui program magang yang dilakukan setiap tahun akademik. Kurikulum yang dirancang dengan basis kewirausahaan, diajarkan oleh para dosen praktisi dengan metode yang memiliki perspektif business law. Mahasiswa akan melalui proses belajar mengajar yang mengintegrasikan mata kuliah yang menekankan pola berpikir kewirausahaan, untuk dapat melihat peluang yang ada disekitarnya, yang kemudian akan dikembangkan untuk kemajuan profesi yang akan digelutinya.

mengapa Hukum Bisnis?

Kami adalah satu-satunya program studi hukum bisnis di Indonesia yang fokus dalam pengembangan karier mahasiswa/i.

Mahasiswa/i akan didorong untuk kerja magang setiap tahun. Magang bahkan bisa dimulai sejak liburan semester 1. Dengan program ini kami berharap mahasiswa/i akan mudah mendapatkan pekerjaan impian setelah lulus kuliah nanti.

Visi

Menjadi Program Studi Hukum Bisnis terbaik di Indonesia.

Misi
  • Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang hukum bisnis dengan pendekatan teori dan praktik; dan
  • Menghasilkan lulusan berjiwa lawyerpreneur yang berwawasan Indonesia secara khusus serta berwawasan ASEAN dan internasional secara umum yang menguasai ilmu hukum bisnis.
profil lulusan

Lulusan pada Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University diharapkan dapat memiliki kemampuan profesional dalam:

  1. Penguasaan hukum bisnis Indonesia secara spesifik serta hukum bisnis ASEAN dan internasional secara umum
  2. Melakukan penelitian di bidang hukum bisnis untuk kepentingan akademis dan praktis
  3. Memberikan pendapat hukum (legal opinion) mengenai hukum bisnis yang efektif dan efisien kepada klien
  4. Membuat kontrak bisnis
  5. Mengerjakan uji tuntas dari segi hukum (legal due diligence) khususnya yang terkait dengan hukum bisnis
  6. Mewakili klien untuk beracara di persidangan pengadilan dan arbitrase serta untuk melakukan tindakan hukum terkait
  7. Menjadi entrepreneur yang menguasai hukum bisnis (lawyerpreneur)
  8. Menguasai bahasa Inggris secara profesional dalam konteks hukum bisnis
peluang karir

1.      Advokat

2.      Konsultan Hukum

3.      Penasihat Hukum Internal Perusahaan

4.      Notaris

5.      Notaris Pasar Modal

6.      Konsultan Kekayaan Intelektual

7.      Pekerja di Sektor Publik (sektor eksekutif, legislatif, dan yudikatif).

keunggulan Hukum Bisnis

1. Program Mentor Karier
Mahasiswa/i akan diberikan bimbingan melalui Program Mentor Karier yang disesuaikan dengan keinginan mahasiswa/i (tailor-made). Di akhir semester 1, mahasiswa/i akan memiliki CV mereka sendiri dan sudah dapat membuat application letter untuk melamar pekerjaan magang di law firm, perusahaan swasta, atau lembaga negara pada liburan semester 1. Mahasiswa/i akan memiliki spesialisasi hukum di akhir semester 1, seperti dalam bidang foreign investment, capital market, dan e-commerce. Spesialisasi ini dapat berubah sesuai dengan keinginan mahasiswa/i dan nasihat mentor karier mereka.

2. Program Magang
Mahasiswa/i akan didorong untuk memulai magang setiap liburan semester 1-7. Program magang yang terintegrasi dengan kurikulum akan diadakan di semester 8.

3. Rekomendasi Magang, Kerja, dan/atau Kuliah Lanjutan

Setelah lulus kuliah S1 Program Studi Hukum Bisnis, Podomoro University berkomitmen memberikan rekomendasi kepada lulusan Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University yang ingin meminta rekomendasi magang, kerja, dan/atau kuliah (S2 dan S3) di luar maupun dalam negeri kapan pun tahun kelulusan mereka.

4. Kurikulum Hukum Bisnis Berkualitas Tinggi
Mahasiswa/i akan belajar mata kuliah praktik di bidang hukum bisnis seperti Perancangan Kontrak, Pendapat Hukum dan Praktik Konsultasi Hukum, dan Praktik Uji Tuntas dari Segi Hukum (Legal Due Diligence in Practice). Mahasiswa/i juga akan mempelajari mata kuliah yang erat kaitannya dengan kegiatan corporate law firm, seperti Hukum Penanaman Modal Asing dan Hukum Pasar Modal. Penerapan kurikulum Hukum Bisnis dengan pendekatan teori dan praktik serta mata kuliah yang mendukung masa depan karier mahasiswa/i membuat lulusan Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University siap bekerja secara profesional.

5. Business Law Approach di Seluruh Mata Kuliah

Selain mata kuliah yang spesifik mengenai hukum bisnis, mahasiswa/i akan tetap belajar mata kuliah seperti Hukum Pidana. Namun demikian, pola pengajarannya fokus dengan pendekatan hukum bisnis. Misalnya, mata kuliah Hukum Pidana tidak fokus membahas tindak pidana pembunuhan atau tindak pidana lain yang tidak terkait secara langsung dengan kegiatan hukum bisnis. Tindak pidana yang dibahas fokus dalam konteks white-collar crime di suatu perusahaan, seperti masalah penipuan dan penggelapan.

6. Dosen Berkualitas Tinggi
Dosen Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University merupakan lulusan universitas terkemuka di Indonesia dan di dunia (Amerika Serikat, Inggris Raya, Belanda, Jerman, dan Belgia) yang mempunyai pengalaman akademis dan praktis. Dosen memiliki jaringan luas di sektor swasta, pemerintahan (eksekutif), legislatif, yudikatif, dan universitas luar negeri. Mahasiswa/i dapat dengan mudah melakukan konsultasi dengan para dosen terkait.

7. Belajar Langsung di Dunia Praktik
Mahasiswa/i akan secara rutin mengunjungi kantor hukum serta perusahaan atau instansi terkait di bidang hukum bisnis. Tujuan dari program ini adalah agar mahasiswa/i mendapatkan gambaran bagaimana dunia kerja dan dapat beradaptasi dengan lebih mudah apabila sudah masuk ke dalam dunia kerja.

8. Konsep Lawyerpreneurship
Mahasiswa/i diajarkan untuk berjiwa lawyerpreneurship, yaitu dengan kemampuan hukumnya dapat mencapai tujuan dan cita-citanya secara maksimal. Pengajaran lawyerpreneurship didukung oleh mata kuliah sebagai berikut: Thinking and Acting Like an Entrepreneurial Leader 1 & 2 (diadopsi dari Babson College USA), Kantor Hukum: Rencana Bisnis dan Manajemen, dan juga Pengantar Lawyerpreneurship.

9. Kelas Kecil
Jumlah mahasiswa/i dibatasi agar mahasiswa/i tersebut memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan dosen dan mahasiswa/i yang lain di kelas. Mahasiswa/i akan mendapatkan perhatian lebih banyak dari para dosen terkait perkuliahan.

10. Fasilitas Penelitian dan Praktik Hukum

Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University memiliki buku bacaan berkualitas internasional antara lain dari Oxford University Press, Cambridge University Press, Brill|Nijhoff, dan American Bar Association yang dapat diakses oleh mahasiswa/i sebagai bahan penelitian. Selain itu, Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University memiliki fasilitas ruang sidang pengadilan/arbitrase untuk melaksanakan mata kuliah praktik persidangan pengadilan (perdata, pidana, dan tata usaha negara) dan arbitrase.